Halaman

Senin, 05 Februari 2018

3 Penyebab Utama Rumah Kebakaran: Semua Berasal dari Keteledoran

3 Penyebab Utama Rumah Kebakaran: Semua Berasal dari Keteledoran

Rumah adalah salah satu hal yang diidamkan oleh banyak orang, karena memiliki rumah sendiri dengan jerih payah sendiri adalah hal yang membanggakan. Jika sudah memiliki rumah pastinya kita akan menjaga dan merawatnya sepenuh hati. Namun, adapun sebuah bencana yang terkadang membuat khawatir akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita.

Salah satunya adalah jika kita memikirkan terjadi sesuatu hal yang tidak terduga seperti kebakaran rumah. Hal seperti ini biasanya tidak terpikirkan oleh si pemilik rumah, sehingga pemilik rumah kurang berantisipasi.

Kebakaran adalah suatu bencana yang tentunya sering kita jumpai di setiap daerah dimana saja, karena penyebabkan biasanya adalah hal-hal yang umum. Kebakaran bisa memakan banyak korban, meskipun bukanlah korban jiwa namun masyarakat sendirilah yang akan sangat dirugikan dari bencana kebakaran ini.

Nah, si jago merah biasanya menyerang rumah pada waktu yang tidak terduga. Bisa jadi karena suatu masalah tertentu ataupun bisa juga karena sebuah keteledoran yang dibuat oleh si pemilik rumah itu sendiri. Sebagai warga biasa tentunya kita ingin tinggal dilingkungan yang aman dan nyaman dalam beristirahat.Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa memicu adanya kebakaran rumah.

Karena kebakaran rumah merupakan salah satu hal yang akan sangat merugikan kita semua, maka Anda harus tahu penyebab-penyebab umum dari suatu bencana yang terkadang terjadi secara tiba-tiba tanpa kita sadari ini. Jika masyarakat semua sudah mengetahui sebab umum dari adanya bencana kebakaran terjadi, maka terjadinya bencana ini akan menjadi kemungkinan yang sangat kecil.

Oleh karena itu, beberapa penyebab umum ini sebisa mungkin harus dihindari oleh kita semua. Nah, berikut ini ada beberapa 3 penyebab utama rumah kebakaran yang sering kali terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

1. Lalai dengan Kompor

Seringnya bencana kebakaran rumah terjadi karena adanya faktor dari sifat lalai dengan apapun kompor. Baik itu kompor gas, kompor minyak tanah, ataupun kompor yang menggunakan listrik, jika dilalaikan maka akan menjadi bencana yang besar yaitu kebakaran. Biasanya yang sering terjadi adalah ketika si pemilik rumah sedang tidak sengaja menyalakan kompornya untuk suatu hal misalnya memasak nasi, memasak air, dan lainnya.

Namun, dengan tidak sengaja meninggalkan kompor menyala terlalu lama. Akibatnya adalah berujung pada sebuah bencana yang bisa membakar seluruh benda yang ada di sekelilingnya atau memakan habis rumah Anda. Apalagi jika diakibatkan karena Gas yang meledak, maka akan sangat cepat meluas kebakarannya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda hanya perlu memperhatikan sesuatu seperti kompor dengan benar. Misalnya, jangan membiarkan kompor terus menyala setelah tidak digunakan atau jika sedang menggunakan kompor tetapi ingin pergi sebentar, maka matikan saja dahulu kompornya.

2. Pengunaan Barang Elektronik Daya Listrik

Di zaman yang sudah semakin modern ini, barang-barang elektronik juga sudah semakin canggih. Misalnya banyak barang elektronik yang menggunakan daya listrik. Namun, tidak berarti elektronik seperti ini akan selalu aman. Anda tidak boleh menyepelekan barang elektronik apalagi dalam penggunaannya yang sembarangan.

Karena itu bisa mengancam nyawa jika sudah jadi bencana. Misalnya dalam menggunakan setrikaan listrik, ketika Anda sedang menggunakan setrika ini, maka saat sudah selesai atau ingin meninggalkannya sebentar saja, diharapkan untuk mematikan atau mencabutnya dari aliran listrik atau memposisikan setrikaan dengan posisi duduk. Hal ini supaya tidak memicu adanya kebakan terjadi akbibat terlalu panasnya setrikaan tersebut.

3. Aliran Listrik yang Konslet

Listrik ini juga salah satu hal yang cukup rawan memicu adanya kebakaran terjadi. Biasanya karena adanya aliran arus listrik yang konslet. Ini terjadi karena adanya dari dua aliran listriknya bertemu dan menimbulkan api. Cara mencegah konslet pada listrik ini yaitu dengan menggantikan kabel di listrik yang sudah terbuka atau telanjang dengan yang masih baru.

Nah, itulah beberapa penyebab utama dari adanya kebakaran rumah sering terjadi di beberapa tempat. Hampir semua penyebab kebakaran tersebut adalah hasil dari sebuah keteledoran dari si pemilik rumah sendiri. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih hati-hati dengan sesuatu hal di sekitar.