Halaman

Kamis, 25 Januari 2018

3 Jenis Lukisan yang Cocok untuk Ruang Kerja

3 Jenis Lukisan yang Cocok untuk Ruang Kerja

Menata dan menghias sebuah ruangan kerja menjadi kegiatan yang rasanya harus dilakukan. Meski sekilas ruang kerja terkesan monoton dengan beragam furnitur yang hampir sama saja, tetapi desain interior ruang kerja mempengaruhi perasaan pemiliknya, hingga mereka yang mendatanginya lho.

Ruang kerja merupakan ruangan cenderung kaku, terdiri dari meja kerja atau meja kantor, sederet lemari dan rak untuk menaruh file kerjaan, beberapa alat elketronik seperti komputer, kemudian sofa dan meja berukuran sedang untuk menerima tamu yang datang.

Jika Anda salah satu pemilik ruang kerja yang begitu memperhatikan desain interior ruangan karena menganggap hal tersebut sangat penting, dapat membangun mood lebih baik, dan menciptakan suasana lebih nyaman, ada beberapa hiasan yang dapat dipilih dan cocok untuk ruang kerja.

Mulai dari pemilihan furnitur, warna dan desain dinding, hingga memilih lukisan dinding, khususnya bagi Anda pecinta seni.

Berikut, tiga rekomendasi memilih jenis lukisan untuk ruang kerja yang akan membuat suasana kerja lebih nyaman:

1. Lukisan Klasikisme

Rekomendasi jenis lukisan yang cocok sebagai hiasan desain interior ruang kerja pertama adalah lukisan dengan jenis Klasikisme. Sesuai dengan namanya, lukisan ini mengusung tema lukisan dengan warna cenderung lebih ‘warm’.

Bentuk lukisan jenis ini beragam, namun biasanya lebih menggambarkan kehidupan zaman dulu seperti gambaran kehidupan masyarakat Bangsa Roma. Ada karakter-karakter dengan ekspresi wajah tenang, disertai gerakan yang terkesan dilebihkan.

2. Lukisan Futurisme

Anda pernah melihat lukisan yang gambarnya seolah bergerak? Jenis lukisan seperti itu adalah Lukisan Futurisme. Lukisan Futurisme merupakan lukisan yang cenderung menggambarkan gaya dan kecepatan, maka tidak heran bila pola dan motif gambar lukisan kebanyakan berupa gambar yang berulang. Tidak hanya itu, jenis lukisan ini juga mengkaitkan seni dengan kecepatan.

Secara umum, banyak yang tidak memahami maksud dari lukisan jenis Futurisme. Lukisan Futurisme cocok sebagai hiasan dinding ruang kerja atau kantor agar menambah nilai seni yang lebih esklusif.

3. Lukisan Impresionisme

Jenis lukisan ketiga yang pas dan cocok untuk ruang kerja ialah Lukisan Impresionisme. Lukisan ini merupakan lukisan dengan gambar fokus pada objek apa yang pelukis lihat sendiri. Misalnya gambar hewan yang sedang berdiri, gambar vas bunga, gambar pegunungan, dan lain-lain.

Yang membuat jenis lukisan ini berbeda adalah dari bagaimana pelukis melukisnya di atas kanvas. Tidak ada sketsa terlebih dahulu dan garis hitam sebagai bagian untuk merapikan lukis. Lukisan Impresionisme dilukis secara langsung, tidak perlu menunggu hingga cat kuring ketika ingin menimpa cat warna lainnya.

Selain itu, tidak terdapat warna hitam sebagai lukisan bayangan. Sekilas lukisan terlihat natural dan sederhana, namun secara detail pemilihan warna, sangatlah dalam.

Masih banyak jenis lukisan yang dapat dijadikan lukisan penghias ruangan kerja. Contoh lainnya seperti Lukisan Ralisme berupa lukisan menggambarkan kehidupan real, apa adanya, adegan umum dalam kehidupan masyarakat.

Ada juga lukisan yang banyak dipilih seperti Lukisan Abstraksionisme atau Lukisan Abstrak yang mana berupa lukisan menggambarkan ‘ketidakjelasan’. Motif dan penggunaan warnanya tidak terbatas dan biasanya pelukis sendiri yang mengerti apa maksud dari gambar tersebut. Dua macam Lukisan Abstrak yang umum ialah Kubistis dan Non-Figuratif.

Tentu pemilihan jenis dan rupa lukisan tergantung pada selera Anda. Sebab selera dalam seni setiap orang berbeda-beda. Ditambah pemahaman terhadap karya seni setiap orang juga berbeda. Belum lagi disesuaikan dengan konsep utama desain interior ruang kerja tersebut. Anda bisa memilih lukisan bertema klasik (Lukisan Klasikisme) bila memang ruang kerja tersebut dipenuhi furnitur klasik yang biasanya lebih terkesan ‘warm’.

Begitu juga bila ruang kerja dipenugi furnitur berwarna-warni, Lukisan Impresionisme atau Lukisan Abstraksionisme bisa menjadi pilihan agar mendukung konsep desain interior tersebut. Jangan lupa sesuaikan juga dengan warna dinding ruang kerja Anda agar lebih sempurna.

Nah, itu dia tiga rekomendasi jenis lukisan untuk ruang kerja dan kantor. Menaruh lukisan pada ruang kerja dan kantor tidak perlu banyak-banyak karena bila terlalu ramai, Anda akan kehilangan konsentrasi. Pemilihan pencahayaan lampu juga mendukung.