Halaman

Sabtu, 20 Januari 2018

Tips Gila Cara Berbisnis Cara Om Sadino: Mau Coba?

Tips Gila Cara Berbisnis Cara Om Sadino: Mau Coba?

Sudah tidak asing lago dengan sosok bernama Bob Sadino, bukan? Pria yang terkenal dengan keahlian bisnis dan kesuksesannya dalam dunia bisnis tersebut dinilai memilihi trik berbisnis unik sekaligus ‘gila’.

Meski beliau telah tiada, kehaliannya dalam berbisnis dan beragam teori unik tetap diingat oleh para pelaku bisnis. Selain dinilai menjadi teori berbisnis unik bahkan ajaib, beliau juga mengajarkan bagaimana menjalankan bisnis secara nekat.

Anda salah satu yang ingin mencoba tips gila dalam berbisnis oleh Om Sadino? Berikut 8 tips gila dalam berbisnis ala Om Sadino.

1. Tidak perlu pakai tujuan!

Rata-rata ketika kita mulai berbisnis dan bermimpi menjadi seorang pengusaha sukse, pasti kita secara otomatis membuat tujuan utama. Semacam titik teratas dalam hidup yang kita inginkan. Berbeda dengan orang kebanyakan, Om Sadino memilih untuk berbisnis tanpa tujuan. Menurutnya, mereka yang berbisnis dengan satu tujuan akan mentok di satu titik saja.

Padahal, banyak orang dengan kemampuan dan mampu mendapat hasil lebih dari itu. Maka Om Sadino mengajak agar berbisnis tidak perlu pakai tujuan. Bukan takut dengan tujuan atau target, tetapi Om Sadino lebih suka membuang hal tersebut karena dianggap sebagai belenggu baginya.

2. Alirkan saja!

Sama seperti teori sebelumnya, menurut Om Sadino, berbisnis tidak perlu direncanakan. Beliau lebih memilih membiarkan bisnis mengalir mengikuti apa yang berjalan. Sebab, bisnis bukan sesuatu yang akan berjalan lurus saja, beruntun, namun bisnis bisa saja tiba-tiba berbelok ke sana ke mari.

Sayangnya, banyak pengajar di sekolah yang sejak dini mengajarkan untuk membuat rencana terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Jadi, banyak pebisnis yang terllau berhati-hati dengan beragam rencananya.

3. Hidup sederhana adalah kunci!

Menurut Om Sadino, dirinya hanya seorang penggangguran. Sebab dia kini tidak melakukan apa pun, karyawannya lah yang bekerja. Sampai saat ini Om Sadino memiliki 1600 karyawan dengan kegiatan perusahaan yang aktif baik dalam mau pun luar negeri. Beliau mengatakan, hidup sederhana adalah sebuah kunci dan menjadi prinsip teguh yang terus beliau junjung.

4. Jangan lupa untuk selalu menjadi diri sendiri!

Cara berbisnis gila lainnya yang diajarkan Om Sadino ialah untuk selalu menjadi diri sendiri. Penampilan sederhana beliau dengan celana pendeknya memang membuat banyak orang memuji. Itu adalah bentuk menjadi diri sendiri ala Bob Sadino.

Tidak hanya dalam penampilan, begitu juga beliau menjalankan bisnisnya. Menurutnya, sesekali kita boleh meniru bisnis dan usaha yang sudah ada, tetapi lebih baik keluarlah dari zona tersebut dan jadilah diri sendiri. Seperti membuat pasar sendiri, menciptakan identitas bisnis sendiri, dan lain-lain.

5. Jangan bangga kalau sudah jadi keturunan ningrat!

Banyak pebisnis yang merasa bisnisnya akan sukses karena sudah lebih dulu memiliki keuturunan ningrat alias pembisnis sukses. Bob Sadino salah satunya, beliau sebenarnya seorang pewaris perusahaan besar. Namun, beliau tetap ‘merendah’ dan berbisni mulai dari bawah. Beliau juga berkelanan untuk belajar banyak hal.

6. Kuliah bukan pegangan!

Menurut Om Sadino, mereka yang kuliah dengan IPK di atas 3 memang hanya pantas sebagai karyawan. Sementara mereka yang gagal dan memiliki IPK jeblok adalah para calon pengusaha. Karena tentu tidak ada perusahaan yang ingin menerima dan terpaksa membuka usaha sendiri.

7. Untuk dari bisnis hanyalah keberuntungan saja!

Pasti dalam berbisni, kita ingin mengalami kesuksesan dan mendapat keuntungan sebanyak mungkin. Berbeda dengan kebanyakan, Om Sadino memiliki pemikiran bahwa untung atau keuntungan hanyalah bagian dari keberuntungan. Justru pebisnis harus berani gagal karena kesuksesan adalah puncak dari gunungan kegagalan.

8. Jadilah pebisnis yang nekat!

Sebagai orang yang ingin memulai bisnis, kita cenderung serba menghitung, apa-apa diperhitungkan karena tidak ingin rugi. Padahal, menurut Om Sadino, pengusaha yang sukses adalah orang yang serba nekat. Kalau terlebih dahulu menghitungkan untung, usaha tidak akan jalan karena kita akan takut rugi. Sedangkan pebisnis atau pengusaha nekat cenderung melakukan apa saja, bahkan mencari rugi, dan tidak takut sama yang namanya rugi.

Bagaimana? Sudah lebih berani menjadi ‘Pebisnis Gila’ ala Om Bob Sadino?