Halaman

Senin, 05 Maret 2018

Inilah Pengalaman Kuliah Dan Bekerja Di Bandung: Dari Cari Kontrakan Sampai Kuliner

Inilah Pengalaman Kuliah Dan Bekerja Di Bandung: Dari Cari Kontrakan Sampai Kuliner

Mencari rumah kontrakan di Bandung adalah salah satu hal terpenting saat Anda memutuskan untuk tinggal di kota ini dalam kurun waktu yang lama. Untuk Anda yang berniat kuliah atau bekerja, tempat tinggal adalah sarana yang utama. Seperti yang kita tahu, Kota Bandung ini memiliki banyak universitas yang berkualitas dan juga tempat bekerja yang menjanjikan.

Jadi bukan sesuatu yang mengherankan bila banyak pilihan tempat tinggal dan tempat kuliner yang menjamur dengan pesat. Untuk yang sudah merasakan berkuliah dan bekerja di Bandung pasti mereka mempunyai berbagai macam cerita tersendiri dengan kota ini. Di sini Anda dapat memperoleh beberapa tips untuk memilih tempat kontrakan dan juga kuliner.

Tips memilih rumah kontrakan di Bandung

Tinggal di kontrakan tampaknya menjadi pilihan yang tepat dan nyaman bila dibandingkan dengan tinggal di kost. Dengan tempat yang cenderung lebih luas dan tentunya dapat lebih nyaman dihuni adalah alasan utamanya. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih rumah kontrakan di Bandung antara lain sebagai berikut ini:



1. Harga sewa

Saat melakukan survey, hal utama yang harus Anda tanyakan adalah harga sewanya. Rumah kontrakan pada umumnya disewakan dengan hitungan per tahun. Jadi Anda harus memikirkan secara matang besarnya biaya yang harus dikeluarkan, apakah cukup masuk akal dan dapat dijangkau oleh budget Anda. Bila finansial Anda kurang memungkinkan untuk membayar biaya per tahun, carilah kontrakan yang menyediakan sistem bayar bulanan sehingga tidak terasa memberatkan.

Biasanya rumah kontrakan menyediakan lebih dari satu kamar. Anda bisa menyiasatinya dengan mengajak teman kerja atau kuliah untuk tinggal bersama sehingga nantinya biaya bisa lebih ringan. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin lebih berhemat.

2. Lakukan survey untuk membandingkan harga

Biasanya harga yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan fasilitas dan juga keterjangkauan dengan pusat keramaian. Bila budget Anda minim, fasilitas yang ada juga mungkin hanya minimalist dan seadanya saja. Saat melakukan survey, catat kekurangan dan kelebihannya lalu bandingkan. Lihat juga fasilitas kamar, wc, dapur, air dan lain sebagainya.

Dari hal tersebut Anda dapat mempertimbangkan mana yang akan dipilih sebagai rumah kontrakan di Bandung yang paling tepat. Saat sudah mantap memilih, segeralah hubungi pemilik kontrakan agar tidak keduluan oleh orang lain dan Anda tidak lagi bingung mencari gantinya.

3. Dekat dengan tempat bekerja atau kuliah, tempat ibadah dan fasilitas umum

Yang perlu dipertimbangkan matang-matang salah satunya adalah jarak rumah kontrakan dengan tempat kuliah atau bekerja. Dengan dekatnya jarak, otomatis Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk transportasi dan juga menghemat waktu tentunya. Sehingga tenaga Anda juga tidak terkuras untuk menembus macet perkotaan di jam berangkat dan pulang.

Selain itu, pilihlah tempat yang dekat dengan fasilitas umum, misalnya adalah tempat ibadah, tempat perbelanjaan dan juga fasilitas kesehatan. Hal tersebut sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi Anda. Bila jauh dari fasilitas umum, Anda akan merasa kerepotan bila memerlukan sesuatu yang mendadak.

4. Lingkungan yang aman dan nyaman

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah lingkungan sekitar yang nyaman dan aman. Memilih tempat tinggal yang berdekatan dengan rumah lain akan lebih aman sehingga bila terjadi sesuatu Anda dapat segera meminta pertolongan kepada tetangga. Hindari tempat tinggal yang rawan dijadikan daerah operasi kejahatan. Tentu saja Anda tidak ingin bukan meninggalkan rumah dengan was-was dan tidak tenang.

Kebersihan lingkungan juga harus Anda perhatikan. Tinggal di lingkungan yang kumuh tentu saja tidak nyaman dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu pilihlah tempat tinggal yang nyaman, bersih dan bila memungkinkan jauh dari polusi suara. Karena biasanya di kota besar suara yang sangat bising akan menyulitkan Anda untuk beristirahat dan menambah rasa stress saat banyak pekerjaan atau tugas.

5. Pilih dengan cermat

Karena kontrakan biasanya sistemnya berlaku tahunan, pilihlah dengan cermat dan saksama agar tidak kecewa di kemudian hari. Tanyakan ke penduduk sekitar tentang rumah tersebut dan riwayatnya sehingga hati Anda lebih mantap dalam memilihnya. Akan sangat disayangkan bukan bila Anda sudah terlanjur membayar uang sewa penuh selama setahun tetapi tidak kerasan dalam menempatinya karena beberapa hal yang terlewatkan.

Sebagai pekerja atau anak kuliahan, sebagian dari Anda pasti sempat merasakan malas untuk memasak karena beberapa hal. Entah mungkin karena sangat padatnya jadwal, sedang tidak mood ataupun karena merasa kelelahan dengan aktivitas sehari-hari. Walaupun kontrakan sudah dilengkapi dengan dapur, Anda mungkin jarang menggunakannya untuk memasak.

Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak para penjual makanan siap santap. Bila ingin berhemat, Anda bisa menanak nasi sendiri dan cukup membeli sayur dan lauknya saja untuk makan. Itu akan lebih berhemat untuk Anda yang masih single karena mengingat biaya untuk membeli gas dan berbagai macam bumbu dapur juga tergolong mahal bila hanya untuk sendiri.

Pandai dalam mengatur keuangan dan memilih kebutuhan hidup dengan membuat prioritas adalah hal yang sangat penting untuk Anda yang kuliah dan bekerja di Bandung. Bila tak pandai dalam mengatur semuanya, Anda akan mengalami kesusahan dan bahkan uang yang telah Anda miliki kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Cobalah membuat prioritas sehingga keuangan dapat diatur dengan baik. Jangan sampai kalap berbelanja dan makan enak sehingga di akhir bulan harus merasakan pahitnya hidup karena kehabisan uang. Semoga tips dalam memilih rumah kontrakan di Bandung ini dapat menjadi solusi bagi Anda.